Memasuki tahun ajaran baru 2019-2020, sebanyak 117 siswa baru MTs Andalusia Banjarnegara mengikuti kegiatan Masa Ta’aruf SIswa Madrasah yang disebut dengan MATSAMA. Kegiatan MATSAMA dilakasanakan selama dua minggu, dimulai pada hari senin tanggal 8 Juli 2019 sampai dengan hari sabtu tanggal 20 Juli 2019. Setiap harinya, peserta MATSAMA mengikuti dua sesi materi dengan sekali jeda istirahat, kemudian diakhiri dengan salat dzuhur berjamaah.

Kegiatan MATSAMA siswa setiap hari diawali dengan apel pagi di lapangan upacara yang dipimpin secara langsung oleh kepala Madrasah, Anton Zaeni Noor, M.Sc. Setelah apel, para siswa mengikuti pengarahan materi yang diberikan pemateri pada sesi pertama sampai waktu istirahat. Pada waktu istirahat siswa diwajibkan untuk menunaikan salat duha. Setelah menunaikan salat duha, siswa kembali mengikuti materi dan arahan untuk sesi kedua. Setelah selesai materi pada sesi kedua, kegiatan diakhiri dengan salat dzuhur berjamaah.

Selama kegiatan MATSAMA, beberapa pemateri secara khusus diundang dari luar Madrasah seperti dari Polres Banjarnegara, Puskesmas 2 Banjarnegara, dan dari Kodim Banjarnegara. Kehadiran pemateri dari luar Madrasah membuat siswa lebih antusias dalam mengikuti kegiatan MATSAMA. Hal tersebut diungkapkan oleh ketua panitia MATSAMA, Alfian Nur Mustofa Kamil, M.Pd.

“Alhamdulliah, siswa terlihat antusias selama kegiatan. Semoga bisa terus berlanjut seperti itu pada kegiatan MATSAMA di tahun-tahun selanjutnya”, ungkapnya. Dengan dilaksanakannya MATSAMA, diharapkan para siswa baru dapat menggali potensi, mengerti kedisiplinan, dan juga lebih cepat mengenal sekolah baru mereka, MTs Andalusia.

“Harapan kami selaku panitia ya semoga siswa lebih cepat mengenal sekolah baru mereka. Lalu semoga MATSAMA kali ini bisa menggali potensi santri, dan yang terakhir, semoga siswa makin paham apa itu arti kedisiplinan”, tutupnya.