Salah satu Program Unggulan di Pondok Pesantren Modern Tahfizh Al-Qur’an Andalusia Banjarnegara adalah Program Karantina. Program Karantina dilaksanakan pada semester I kelas VIII dengan kriteria peserta yang sudah ditentukan sedemikian rupa oleh Pimpinan pondok. Diantara kriteria peserta Karantina adalah lulus seleksi Tahfizh diawal sebelum kegiatan dimulai, yaitu bisa menghafal minimal 10 lembar dalam waktu satu minggu. Bagi santri yang mampu menyelesaikan test tersebut maka dinyatakan resmi mengikuti kegiatan karantina selama satu semester yaitu disemester ganjil.

Bagi santri Wisuda tahfidz adalah momen yang ditunggu-tunggu setelah menghafal 30 juz (Ziyadah) dalam al Qur’an dengan segala perjuangannya. Karena disinilah Asatidz serta orang tua dapat melihat mereka dan merasa bangga atas apa yang telah mereka capai. Selain ditekankan program tahfizh Al-Qur’an, peserta karantina juga dibekali beberapa keilmuan termasuk Tamyiz, Bahasa Arab dan semua hal yang bisa memudahkan peserta untuk menghafal Al-Qur’an.

Pada tahun ajaran 2019/2020 di semester I, PPM Andalusia Banjarnegara melahirkan 28 Hafizhoh 30 Juz, setelah mereka menyelesaikan setorannya kepada pembimbing. Para peserta karantina yang mengikuti Program Tahfizh ini diberi kelonggaran khusus untuk tidak memasuki kelas semasa program dengan syarat bisa memenuhi target yang telah ditentukan oleh pembimbing.

Acara wisuda yang diselenggarakan di Ball Room Surya Yudha Banjarnegara ini berlangsung pada hari Rabu (18/12/19) dengan penuh kegembiraan dari semua komponen yang hadir pada saaat itu. Dimulai dari pukul 09.00 WIB hingga selesai dengan dibarengi kegiatan parenting untuk walisantri kelas VII, VIII, dan IX.

Diusianya PPM Andalusia Banjarnegara yang masih relatif muda, semua program selalu dievaluasi guna meningkatkan mutu dan kualitas yang diinginkan Bapak Pimpinan beserta para pembantunya, termasuk kegiatan karantina ini yang mendapat perhatian khusus dari semua kalangan pondok. Diharapkan program ini semakin maksimal dari tahun ketahunnya sehingga melahirkan Hafizh dan Hafizhoh yang mampu mengamalkan isinya dan menebar kebaikan khususnya di Banjarnegara dan di Indonesia pada Umumnya.