Hikmah dari Negeri Seberang

ANDALUSIA – Kegiatan di Pondok Pesantren tidak ada berhentinya, setelah selesai satu kegiatan akan disambung dengan kegiatan lainnya. Padatnya Kegiatan Belajar dan Mengaji (Tahfidz) di PPM Andalusia tidak menyurutkan tekad dan semangat Asatidz dan santri untuk terus mengadakan kegiatan-kegiatan ilmiah dilingkungan pondok. Salah satu kegiatan selapanan di Pondok Pesantren Modern Tahfidz Al-Qur’an adalah Pengajian Ahad Wage, yaitu pengajia rutin untuk santri, wali santri dan umum.

Afit Juliet N., Lc.,M.A selaku Pimpinan PPM Andalusia Banjarnegara mengisi Pengajian Ahad Wage menyampaikan oleh-olehnya setelah dua bulan menyelesaikan Program Bahasa Arab di Al-Azhar Mesir. Dihadapan wali santri beliau menekankan: “untuk memperbaharui niat ketika memasukkan anaknya ke pesantren, jangan salah niat hanya ingin mengejar dunia, akan tetapi untuk niat yang lebih mulia yaitu Tafaqquh Fiddin”. Begitu juga nasehat untuk santri, “Salah satu yang membuat ilmumu bermanfaat adalah ta’zhim kepada Ustadz dan Guru, muliakan mereka dan buatlah mereka ridho kepadamu maka ilmu akan mudah kalian dapat dan bermanfaat.

Sebelumnya, Abah Seonaryo selaku Ketua Yayasan menyampaikan kepada wali santri untuk memahami keadaan pondok dan ikut disiplin pondok ketika mengunjungi santri dan disiplin lainnya. Bapak Anton Zaeni Noor selaku Kepala Madrasah menyampaikan kesekian kalinya terhadap pentingnya hijrah digital didunia pendidikan, sedikit demi sedikit Andalusia akan menuju itu.