Divisi Kampus Andalusia

/Divisi Kampus Andalusia
Divisi Kampus Andalusia 2017-12-25T11:38:47+00:00

Latar Belakang

Berawal dari kurangnya tingkat pendidikan guru PAUD yang rata-rata mengenyam pendidikan SLTA sederajat di wilayah Banjarnegara, dan tentu berpengaruh pada segi mutu SDM pendidik maka YAYASAN Pendidikan Islam “ANDALUSIA” mendirikan Kelompok Belajar (POKJAR) melalui Universitas Terbuka UPBJJ-UT Purwokerto mulai tahun 2007 membuka program S1-PG PAUD  dan Prodi D2-Perpustakaan sampai sekarang.

 Program S1 PG PAUD Masukan Sarjana

Landasan Hukum

  • Permendiknas No. 16 Th 2007 tentang standar kualifikasi akademik dan kompentensi guru.

  • Peraturan pemerintah (PP) No. 74 Th 2008 tentang guru yang menyatakan bahwa pengembangan dan peningkatan kompetensi bagi guru yang di lakukan dalam rangka memenuhi kualifikasi dan menjaga agar kompetensi keprofesianya tetap sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, seni, dan budaya dan atau olah raga permendiknas No. 58 th 2009 tentang standar pendidikan anak usia dini.

  • PP No. 5 Th 2012 tentang sertifikasi guru dalam jabatan.

  • Permendikbud No. 62 th 2013 tentang sertifikasi guru dalam jabatan dalam rangka penataan dan pemerataan guru untuk mengatur pemberian tunjangan profesi guru dalam jabatan yang di pindahkan, Guru PAUD yang mempunyai latar belakanng pendidikan S1 dari berbagai bidang ilmu lain memerlukan penyesuaian berupa peningkatan kompetensi dan memperluas wawasan dalam bidang Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PG PAUD). Program Studi PG PAUD FKIP Universitas Terbuka membuka kesempatan bagi Guru PAUD yang berkualifikasi S1 dari berbagai bidang ilmu selain lulusan S1 PG PAUD FKIP-UT untuk menempuh pendidikan jenjang S1.

Tujuan

Program S1 PG PAUD Masukan sarjana bertujuan :

  • Mendukung pencapaian kualifikasi S1 dari berbagai bidang ilmu lain untuk menempuh jenjang S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini

  • Menyediakan layanan belajar yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kurikulum S1 PG PAUD. Masukan sarjana Mahasiswa wajib menempuh 55 SKS dari mata kuliah yang di tentukan.